10 Tips Untuk Photography Ponsel atau Smartphone

11:45 PM

Mobile Photography

Mau tau rahasia mengambil gambar yang bagus menggunakan smartphone atau HP? Kamu akan segera mengetahuinya setelah membaca langkah-langkah berikut



1. Pencahayaan adalah yang utama 
Benar sekali, faktor ini akan mengubah foto yang bagus menjadi luar biasa, perhatikan bayangan matahari terhadap subjek, perhatikan juga cahaya pantulan dari bangunan-bangunan, dan silahkan mencoba di waktu yang tepat. Namun, yang tak kalah penting adalah  memahami bagaimana cahaya dari jendela masuk kedalam ruangan. Perlu diingat, smartphone tidak bekerja secara maksimal di pencahayaan yang redup, ada baiknya untuk memahami dalam situasi apa smartphone kalian bekerja secara maksimal.


2. Zoom dengan menggunakan kakimu
Picture: doublemesh.com
Jangan sekali-sekali kamu menggunakan fungsi zoom di kamera smartphone, ini merupakan langkah awal untuk menghasilkan kualitas gambar yang buruk, jika kamu ingin memperbesar sesuatu, gunakanlah kakimu untuk bergerak!


3. Gerakkan tanganmu, bukan smartphone mu
Hasil gambar untuk mobile photography
Picture: lynda.com
Guncangan pada kamera saat memotret merupakan hal yang sangat mengganggu walau di kamera bagus sekalipun. Untuk mengatasinya, kamu perlu  memperhatikan caramu memegang smartphone (miringkan secara horizontal - untuk mendapatkan bingkai yang lebih luas). mengetahui apa yang akan kamu gunakan sebagai shutter (apakah tombol shutter bawaan, menggunakan bantuan aplikasi, menggunakan tripod dan timer, ataupun menggunakan tombol headset) hal itu bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar tanpa menggerakkan kamera. Kamu akan puas dengan hasilnya. Kamu juga bisa mencoba mode "Burst" saat memotret objek yang bergerak, kemudian kamu bisa memilih foto terbaik diantara foto-foto yang kamu ambil.


4. Mengenai angle atau sudut pandang
Picture: photography-cameras.org
Dengan mengubah sudut pandang, tidak hanya membuatmu mendapatkan gambar yang bagus, tapi juga menunjukkan bagaimana caramu melihat suatu objek.
Jadi cobalah untuk mulai memotret dari tempat terendah seperti tanah, kemudian ke tempat yang tinggi, ubah sudut pandangmu dan cobalah berbagai perspektif sebanyak mungkin.


5. Gunakan aplikasi
Picture: youtube.com/watch?v=YGdGmrYzjNg
Fotografi ponsel merupakan hal yang luar biasa, karena didukung oleh ribuan aplikasi yang didedikasikan untuk kamera smartphone, temukan aplikasi favoritmu dan kamu bisa membuat hasil tangkapamu lebih mengagumkan.


6. Lensa yang bersih
Picture: szdingrun.com
Ini merupakan aturan yang simpel, bersihkan lensa smartphone mu, karena sama seperti kacamata, membersihkannya akan menjadikan objek terlihat lebih tajam


7. Kualitas dan kuantitas
Picture: idownloadblog.com
Tangkap segala hal sesuai dengan keinginan anda, yang terpenting dari hal ini adalah semakin banyak yang kamu tangkap, maka kamu akan merasa lebih nyaman dan menemukan arah yang pas untuk pengambilan gambar.
Satu-satunya hal yang menghalangi adalah memori dan baterai smartphonemu


8. Flash adalah hal yang mengganggu
Picture: techcrunch.com
Jangan gunakan flash pada kamera smartphone, tapi itu jika kamu peduli dengan kualitas fotomu, tidak ada paksaan. Carilah tempat dengan pencahayaan yang cukup, lebih baik pencahayaan alami seperti cahaya matahari, dengan begitu kamu sama sekali tak perlu menghidupkan flash di smartphonemu.


9. Refleksi
Contoh foto refleksi, pantulan atau bayangan di permukaan air
Source: instagram.com/kayulianti
Cermin, kaca, dan genangan air memiliki permukaan yang rata dan mengkilat, hal tersebut dapat menghasilkan pantulan yang indah. Silahkan dicoba, bisa jadi menyenangkan.


10. Bersenang-senanglah
Picture: meetup.com
Ini adalah poin terakhir dan salah satu yang wajib kamu patuhi, jika kamu tidak peduli dengan semua yang disebutkan diatas, saya sarankan untuk mengikuti hal yang satu ini, "bersenang-senang" adalah hal yang harus kamu lakukan/rasakan dalam fotografi ponsel.
Berbaurlah dengan fotografer dan komunitas fotografi ponsel di daerahmu, karena melakukan hal-hal bersama dengan orang yang memiliki tujuan sama denganmu adalah hal yang menyenangkan :)


Itulah beberapa tips untuk fotografi ponsel yang bisa saya sampaikan, semoga membantu bagi kalian yang membutuhkan informasi ini ;)


Baca juga:
Bagaimana Cara Mendapatkan Feed Putih Pada Foto? - Android
Cara Crop Foto Menjadi Bulat Dengan Sisi Transparan - Android Tutorial

tld

IF THIS ARTICLE USEFUL, SUBSCRIBE TO GET MORE, I WILL SEND YOU EMAIL NOTIFICATION WHEN I HAVE A NEW ONE

You Might Also Like

0 comments